Thursday, January 21, 2021

18 Anggota TP3 Penembakan Laskar: Amien Rais Hingga Eks KPK

Tim Pengawal Peristiwa Pembunuhan (TP3) laskar FPI dipimpin oleh politikus senior Amien Rais.

Sebanyak 18 nama tercatat menjadi anggota Tim Pengawal Peristiwa Pembunuhan (TP3) enam laskar pengawal Rizieq Shihab. Sebagian besar mereka adalah petinggi partai dan organisasi yang selama ini berseberangan dengan pemerintah.

Dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, 18 anggota TP3 itu di antaranya, inisiator partai Ummat Amien Rais, petinggi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Abdullah Hehamahua, Marwan Batubara, hingga eks Ketua KPK Busyro Muqoddas.

Dalam jumpa pers di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta, Amien menyebut pembentukan TP3 penembakan enam laskar dilandasi keprihatinan lantaran tak banyak pihak yang bersuara dalam insiden itu.

"Jadi ini kami sesungguhnya punya hak untuk membuat tim pencari fakta independen. Tetapi saking hati-hatinya yasudahlah kita buat tim pengawal peristiwa pembunuhan enam laskar FPI," kata dia kepada wartawan, Kamis (21/1).

Dalam pernyataannya, TP3 menolak kesimpulan Komnas HAM yang menyebut insiden penembakan enam laskar sebagai pelanggaran HAM. Amien menyebut insiden itu adalah pelanggaran HAM berat.

Dia menilai ada upaya sistematis dan terencana oleh aparat kepolisian, mulai dari pengintaian, penggalangan opini, penyerangan sistemik penganiayaan, hingga penghilangan paksa.

"Sehingga dikategorikan sebagai pelanggaran HAM berat dam bentuk kejahatan kemanusiaan alias crime against humanity," kata anggota TP3 Marwan Batubara.

Berikut daftar lengkap 18 anggota TP3.

  1. Muhammad Amien Rais
  2. Abdullah Hehamahua
  3. Busyro Muqoddas
  4. Muhyiddin Junaidi
  5. Marwan Batubara
  6. Firdaus Syam
  7. Abdul Chair Ramadhan
  8. Abdul Muchsin Alatas
  9. Neno Warisman
  10. Edi Mulyadi
  11. Rizal Fadillah
  12. HM Mursalin
  13. Bukhori Muslim
  14. Samsul Badah
  15. Taufik Hidayat
  16. HM Gamari Sutrisno
  17. Candra Kurnia
  18. Adi Prayitno

0 komentar

Post a Comment