Sunday, January 31, 2021

Cara Memandikan Kucing Tanpa Takut Dicakar

Ketakutan kucing terhadap air membuat mereka kerap mengamuk saat dimandikan. Berikut beberapa cara memandikan kucing dengan aman.

Memandikan kucing bisa jadi masalah besar. Saat dimandikan, hewan peliharaan satu ini bisa mengamuk dan mencakar atau menggores permukaan kulit Anda. Ketahui cara memandikan kucing yang tepat tanpa takut tergores.

Kucing sendiri sebenarnya dikenal sebagai hewan yang pandai membersihkan dirinya sendiri. "Sebagian besar kucing tak memerlukan mandi secara teratur," ujar dokter hewan, Tarina L Anthony, melansir Daily Paws. Secara alami, kucing mampu menjaga kebersihan dirinya.

Lidah kucing ditutupi dengan semacam duri melengkung yang disebut papila, yang bertugas memindahkan air liur ke bulunya. Dengan bantuan papila, kucing dapat dengan mudah membersihkan tubuhnya.

Kucing sendiri disebut menghabiskan sekitar 30 persen waktunya untuk membersihkan tubuhnya. Alih-alih teratur memandikannya, lebih baik Anda memastikan kucing tetap tampil rapi dengan rutin menyikat dan menyisirnya.

Tak ada aturan pasti untuk memandikan kucing. Anthony menyarankan Anda untuk memandikan hewan peliharaan kesayangan itu dalam waktu-waktu tertentu, misalnya saat kucing bersentuhan dengan zat-zat berbahaya.

Anthony juga mengatakan bahwa beberapa kondisi membuat kucing lebih baik dimandikan. Misalnya saja kondisi seborrhea atau kelainan yang membuat kulit kucing mengelupas, merah, dan gatal.

Kucing tua yang mengalami artritis atau obesitas juga perlu dimandikan lebih sering. Pasalnya, mereka kerap tak mampu menjangkau tempat-tempat tertentu dalam tubuhnya.

Cara Memandikan Kucing

Hanya sedikit kucing peliharaan yang senang berlama-lama di dalam air. Kucing dikenal sebagai salah satu hewan yang sangat membenci air. Karena itu-lah, sering kali memandikan kucing jadi perkara yang sulit.

Anthony mengatakan, ada banyak teori tentang mengapa kebanyakan kucing tidak menyukai air. "Salah satunya adalah mereka tidak suka bulu mereka terbebani dan jadi berat akibat air. Air juga mengubah aroma alami kucing," ujar dia.

Berikut beberapa tips memandikan kucing yang bisa Anda coba.

1. Pilih waktu setelah kucing makan atau bermain. Pada kondisi itu, kucing biasanya akan lebih lembut.
2. Jika memungkinkan, potong kuku kucing sebelum mandi dan kikir bagian ujungnya.
3. Pastikan untuk menggunakan sampo dan krim yang diformulasikan khusus untuk kucing.
4. Gunakan air hangat. Penggunaan air dingin hanya akan membuat kucing semakin tidak nyaman.
5. Hindari penggunaan air keran yang menimbulkan suara mengganggu bagi kucing. Suara dapat menyebabkan banyak kucing panik.
6. Berikan camilan sebagai hadiah setelah kucing selesai dimandikan. Beberapa pecinta kucing bahkan menghangatkan handuknya terlebih dahulu agar membuat kucing lebih nyaman saat dikeringkan.

0 komentar

Post a Comment