Friday, January 8, 2021

Hattrick Rekor Harian Covid RI Berakhir Di 10 Ribu Kasus Baru

6 Januari kasus covid-19 di Indonesia berada di 8.854 kasus, 7 Januari bertambah menjadi 9.321 kasus, dan 8 Januari tembus 10.617 kasus dalam sehari.

Penambahan kasus Covid-19 harian di Indonesia yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 mencetak rekor selama tiga hari beruntun pada 6-8 Januari.

Rinciannya, pada 6 Januari kasus covid-19 di Indonesia berada di 8.854 kasus, 7 Januari bertambah menjadi 9.321 kasus, dan 8 Januari tembus 10.617 kasus dalam sehari.

Dalam data dan laporan tersebut, provinsi penyumbang kasus harian terbanyak pada hari ini adalah DKI Jakarta dengan 2.959 kasus, disusul Jawa Barat 1.824 kasus, dan Jawa Tengah 1.071 kasus. Ketiga provinsi itu juga menduduki posisi sama untuk kasus sembuh tiga peringkat atas, DKI Jakarta 2.681 kasus, Jawa Barat 914 kasus, dan Jawa tengah 859 kasus sembuh.

Sedangkan untuk kasus kematian, Jawa Timur menduduki posisi pertama dengan 73 kasus kematian, disusul Jawa Tengah 57 kasus, dan DKI Jakarta 24 kasus.

Beragam ahli kesehatan dan epidemiolog mengatakan virus corona yang pertama terdeteksi pada Maret 2020 hingga kini belum mencapai puncak. Bersamaan dengan itu, pemerintah mengenalkan istilah baru pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sebagai upaya menekan laju transmisi virus corona.

Pembatasan mobilitas masyarakat itu bakal dimulai pada 11-25 Januari khusus untuk wilayah Jawa-Bali.

PPKM tertuang dalam Instruksi Menteri Nomor 1 Tahun 2021 oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada seluruh kepala daerah di Jawa dan Bali. Kebijakan PPKM lebih dipilih pemerintah dibandingkan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang selama ini lebih dikenal di sejumlah daerah.

Dalam hal pembatasan mobilitas warga ini, pemerintah telah menetapkan sejumlah daerah yang dibatasi, antara lain seluruh wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, meliputi Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi (Bodebek), Kabupaten dan Kota Tangerang, serta Kota Tangerang Selatan (Tangerang Raya).

Kemudian wilayah Jawa Barat di luar Jabodetabek, yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Cimahi. Di Jawa Tengah antara lain Semarang Raya, Solo Raya, dan Banyumas Raya.

Wilayah DI Yogyakarta yakni Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Kulon Progo. Untuk di Jawa Timur meliputi Malang Raya dan Surabaya raya. Terakhir di Bali adalah Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.

0 komentar

Post a Comment