Saturday, January 11, 2020

Memasuki Semester Genap, MA dan MTs PP Nurul Falah Menyelenggarakan Pekan Bahasa

Mediabulukumba.com
Foto Pembukaan Perkampungan Bahasa PP Nurul Falah
Bulukumba (MA PP. Nurul Falah) - Dalam rangka memotivasi siswa kembali setelah liburan, Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah PP. Nurul Falah Borongganjeng, melaksanakan Pekan Bahasa. Dalam hal ini, Pekan Bahasa difokuskan pada pengembangan kemampuan Bahasa Inggris siswa, yang diformulasi dalam sebuah program bernama Perkampungan Bahasa Inggris.

Perkampungan Bahasa Inggris sendiri merupakan program rutin yang dilaksanakan tiap tahunnya, guna melatih sekaligus mengembangkan kemampuan belajar siswa dalam bidang Bahasa Inggris. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan sarana untuk merekatkan hubungan keakraban antar guru dan siswa. Tujuannya, agar komunikasi bisa berjalan dengan baik terutama dalam ranah pembelajaran melalui proses belajar mengajar.

mediabulukumba.com

Pada pembukaan acara tersebut, Wakamad Kurikulum MA PP. Nurul Falah, Yasir Husain, menyampaikan bahwa Pekan Bahasa atau Perkampungan Bahasa Inggris bukan sekadar ajang ngumpul dan bersorak-sorai. Tapi benar-benar sebagai sarana dalam mengembangkan kreativitas menggunakan Bahasa Asing dalam kehidupan sehari-hari.

“Jika merujuk pada gagasan Menteri Pendidikan, kita tak boleh terkurung pada banyak teori tapi minim praktik. Mulai sekarang, daya kritis dan analitis sangat diperlukan. Dan itu hanya bisa dikembangkan melalui program-program semacam ini,” ungkapnya dalam sambutannya.

“Akan lebih baik jika kita banyak melibatkan diri dalam diskusi. Termasuk dalam pengembangan kemampuan berbahasa Inggris. Kita mengadakan perkampungan ini, karena kita akan melatih diri untuk terlibat dalam diskusi-diskusi menggunakan Bahasa Inggris. Sederhana sebenarnya, orang yang pandai berdiskusi secara otomatis akan mudah berteori. Tapi, jika hanya sekadar teori, belum tentu mampu berdiskusi,” tambahnya.

Baca Juga: Pohon Tumbang, TNI-Polri Bantu Bersihkan di Jalan Poros Borongrappoa Bulukumba

Lebih lanjut, Perkampungan Bahasa Inggris ini akan berlangsung hingga hari Ahad sore (12/1/2019). Setelah itu, kembali melakukan proses belajar mengajar seperti biasanya keesokan harinya. Adapun instruktur pada Perkampungan Bahasa Inggris ini adalah guru-guru Bahasa Inggris yang ada di MA dan MTs PP. Nurul Falah yang berjumlah 3 orang. Selebihnya adalah guru-guru lainnya yang turut berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini.

Setelah ini, MA PP Nurul Falah kembali akan melaksanakan Pelatihan Literasi, yang rencananya akan melibatkan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bulukumba. Tujuannya adalah untuk mengembangkan Budaya Literasi di lingkungan Madrasah, sekaligus merintis MA PP. Nurul Falah menjadi Madrasah berbasis Literasi. (yh)

0 komentar

Post a Comment