Thursday, November 26, 2020

Upaya Peningkatan Produktivitas Petani, Ini yang Dilakukan Pemkab Buol

Buol,Mediabulukumba- Sebagai upaya membantu petani menggarap lahan dan meningkatkan produktivitas pertanian di daerah, Pemerintah Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, terus mengupayakan pemenuhan kebutuhan petani terhadap alat mesin pertanian (alsintan).

Menurut Bupati Buol, Amirudin Rauf, Pemkab Buol tidak menutup mata atas kondisi petani di daerah.

Berdasarkan data Pemkab Buol, sampai 2018 jumlah total alat mesin pertanian berupa handtractor yang telah dikucurkan sebanyak 343 unit, kemudian pada 2019 jumlah traktor tangan yang diadakan Pemkab Buol sebanyak 6 unit, dan 2021 16 unit.

"Semuanya sudah diberikan kepada petani melalui kelompok tani dan gabungan kelompok tani," kata Amirudin.

Lebih lanjut, dirinya mengemukakan bahwa dalam pendistribusiannya (mesin pertanian) diberikan melalui masing masing Kelompok Tani (KLOTA).

"Distribusi bantuan alat mesin pertanian diberikan kepada kelompok tani dan gabungan kelompok tani, untuk digunakan secara bersama-sama oleh petani dalam kelembagaannya," ungkapnya.

Jumlah kelompok tani di Kabupaten Buol terdiri dari 115  gabungan kelompok tani (Gapoktan), 1.806 kelompok tani (poktan) dan 163 kelompok wanita tani (KWT).

Dalam hal ini, Bupati mengatakan penyediaan sarana penunjang kinerja petani mengolah lahan pertanian menjadi penting, seiring dengan prioritas pembangunan yang dititikberatkan pada pembangunan ketahanan pangan.

"Apalagi kita sedang berada di masa pandemi COVID-19, jika petani batal menggarap lahan, maka hal itu akan berdampak pada kebutuhan konsumtif kita atas pangan. Bukan hanya di daerah, tetapi ini akan berdampak secara nasional," ujarnya.

(*Eko Prasetyo)






0 komentar

Post a Comment