Lepas BKO Pengamanan TPS, Wakapolda Sulteng: Kita Harus All Out Amankan Pilkada


Palu,Mediabulukumba-
Menjelang Pilkada Sulteng Tahun 2020, Polda Sulawesi Tengah, hari ini (4/12/2020) melepas 735 personilnya yang akan melaksanakan tugas pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) menuju Polres jajaran.

Berdasarkan rilis Bidhumas Polda Suteng, bertempat di lapangan Apel Polda Sulteng Jalan Soekarno Hatta Palu, Wakapolda Sulteng Brigjen Pol. Hery Santoso, SIK, MH memimpin apel pelepasan Bawah Kendali Operasi (BKO) Pengamanan TPS Pilkada, Jumat (4/12/2020).

Dalam amanatnya kepada peserta apel baik dari Polda Sulteng maupun Korem 132 Tadulako, Brigjen Pol. Hery antara lain menegaskan bahwa kita saat ini menghadapi tahap akhir kampanye,kita harus bisa memberikan jaminan bahwa pelaksanaan Pilkada tanggal 9 Desember 2020 dapat berjalan lancar, aman, tertib dan damai, itu adalah harapan seluruh masyarakat.

Antisipasi pihak-pihak atau oknum-oknum yang ingin menggagalkan pelaksanaan Pilkada pada tanggal 9 Desember 2020 nanti, karena itu adalah momen yang paling tepat untuk mengacaukan Pilkada, oleh karena itu kita harus All Out baik dari TNI maupun Polri, Kita keluarkan semua personil yang ada untuk di BKO kan ke jajaran guna memperkuat pengamanan TPS di wilayah Polres, tegas Wakapolda Sulteng.

Banyak tantangan dan permasalahan yang kita hadapi, utamanya saat ini masih masih situasi pandemi covid.19, banyak aturan-aturan yang berbeda dari Pemilu sebelumnya, Kitalah yang harus menjadi pelopor dalam menegakkan aturan protokol Kesehatan di lokasi TPS, harap pati bintang satu di Polda Sulteng ini.

Pahami betul tatacara pelaksanaan pengamanan di TPS, pimpinan sangat menaruh harapan pelaksanaan pemungutan suara di TPS dapat berlangsung dengan aman dan lancar, Ikuti petunjuk dan arahan yang diberikan Kapolres dimana saudara ditempatkan, pungkas Wakapolda Sulteng.

Terpisah Kombes Pol. Didik Supranoto Kabidhumas Polda Sulteng kepada media menjelaskan kekuatan pengamanan TPS Pilkada Sulteng tahun 2020 keseluruhan berjumlah 4.865 personil baik dari Polda maupun Polres jajaran, untuk mengamankan TPS sebanyak 6.309.

Dari 6.309 TPS yang termasuk kriteria TPS aman 5.101, TPS Rawan 1.005 dan TPS Sangat Rawan 215, ada 15 TPS khusus yaitu di wilayah Kabupaten/Kota yang memiliki Rutan, Lapas, Rumah sakit termasuk Rumah sakit rujukan covid.

Pemungutan suara tinggal empat hari lagi, dihimbau kepada masyarakat Sulawesi Tengah untuk datang ke TPS pada tanggal 9 Desember 2020 nanti, Polri dan TNI akan menjamin keamanan berlangsungnya Pilkada, diharapkan semua pihak dapat mensukseskan Pilkada 2020 dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan, tutup Didik Supranoto.

Laporan : EP

Post a Comment

Previous Post Next Post